Mengapa Klaim Asuransi Ditolak? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mengapa Klaim Asuransi Ditolak? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Posted on

Unsplash.com

Mengapa klaim asuransi ditolak? Hal ini tentu menjadi pertanyaan yang banyak dialami oleh para pemegang polis. Perlu Anda ketahui, bahwa sulitnya pengurusan klaim ini bukanlah tanpa alasan. Semua hal tersebut sebenarnya sudah ada dalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan pembeli polis yang masing-masing akan terikat oleh hukum yang berlaku. 

Mengapa Klaim Asuransi Ditolak?

Sulitnya proses klaim asuransi ini memang sering membuat masyarakat menjadi enggan untuk membeli polis asuransi. Namun, hal ini tentu terjadi karena memang ada alasannya. Semua hal tersebut sebenarnya ada dalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan pembeli polis asuransi. Dimana keduanya akan saling terikat hukum. 

Itu artinya, bahwa klaim asuransi ini tidak akan sembarangan ditolak oleh pihak perusahaan. Jika memang klaim Anda ditolak, maka berikut ini adalah alasan mengapa klaim asuransi ditolak. 

  1. Lapse

Polis asuransi yang Anda miliki bisa dalam keadaan tidak aktif atau yang sering disebut dengan lapse. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal. Dimana pihak asuransi tidak bersedia untuk membayar klaim asuransi bila polisnya sedang lapse. 

  1. Klaim Tidak Masuk dalam Klausul

Perlu Anda ketahui, bahwa polis asuransi ini berisikan kesepakatan yang meliputi apa saja yang masuk dan tidak masuk dalam tanggungan asuransi. Dalam asuransi mobil TLO, apa yang dimaksud dengan kerusakan berat ini bisa berbeda-beda antara satu asuransi dengan asuransi lainnya. 

Jadi, asuransi tidak akan menanggung pembiayaan kerusakan apabila memang kerusakan tidak mencapai persentase yang sudah disepakati sebelumnya. 

  1. Pengajuan Klaim Melebihi Waktu yang Ditentukan 

Alasan lain mengapa klaim asuransi ditolak adalah mungkin karena pengajuan klaim yang Anda lakukan melebihi waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Dimana pihak perusahaan asuransi akan selalu memberikan batasan waktu tertentu untuk pengurusan klaim asuransi. 

Also Read:  4 Kesalahan Saat Memilih Asuransi Pendidikan yang Harus Anda Hindari

Jika Anda melebihi waktu yang sudah ditentukan tersebut, maka klaim yang Anda ajukan pun bisa ditolak. Seperti halnya klaim asuransi mobil yang harus segera Anda urus, karena batas waktunya sangat pendek, yakni hanya 3 x 24 jam. Sementara untuk asuransi jiwa, batas waktu klaim antara 30 sampai 60 hari. 

  1. Dokumen Tidak Lengkap

Sebelum Anda mengajukan klaim asuransi, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu bahwa semua dokumen yang diperlukan sudah Anda persiapkan dengan lengkap. Jika ada satu dokumen yang kurang, maka pihak asuransi pun akan menolak klaim Anda tersebut. 

Apabila memang klaim yang Anda ajukan adalah klaim asuransi mobil, maka pastikan bahwa Anda sudah mengambil foto kerusakan yang ada pada mobil Anda tersebut. Foto ini akan menjadi salah satu bukti ketika Anda hendak mengajukan klaim asuransi. 

Selanjutnya, silahkan Anda siapkan dokumen secara lengkap, mulai dari fotocopy polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, dan formulir pengajuan klaim. Surat keterangan dari polisi mungkin juga akan dibutuhkan apabila memang terjadi kerusakan berat pada kendaraan Anda. 

Ketika mengisi formulir klaim, isilah dengan data yang valid dan jelas. Sebab, pihak asuransi nantinya akan melakukan pengecekan terhadap klaim yang Anda ajukan tersebut. Pihak perusahaan asuransi pun tidak akan membayar klaim jika isi formulir klaim yang Anda ajukan terbukti mengandung kebohongan. 

Prosedur lain yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah dengan melakukan perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi. Hal serupa ini termasuk dengan berobat di rumah sakit yang memang dirujuk oleh perusahaan asuransi. Tentunya Anda tidak akan boleh memperbaiki atau berobat di tempat lain di luar rujukan asuransinya. Selain beberapa alasan yang sudah disebutkan diatas, masih ada alasan lain yang menjadi dasar mengapa klaim asuransi ditolak, yakni Anda berada dalam waiting period atau masa tunggu, penyakit yang Anda derita sebenarnya sudah ada sebelum Anda membeli polis asuransi, dan klaim yang Anda ajukan termasuk dalam pengecualian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.