Berikut Syarat dan Cara Klaim Asuransi Banjir Mobil, Lengkap!

Berikut Syarat dan Cara Klaim Asuransi Banjir Mobil, Lengkap!

Posted on
Freepik.com

Di musim penghujan seperti ini, bencana alam seperti banjir sering terjadi di beberapa daerah. Bahkan di sejumlah kota-kota besar, banjir bukan lagi masalah yang mengagetkan. Walaupun begitu, kesadaran akan pentingnya asuransi mobil untuk melindungi kendaraan saat banjir belum diminati oleh banyak orang. Tulisan ini akan memberikan penjelasan tentang syarat dan cara klaim asuransi banjir mobil.

Memasuki musim penghujan, mengajukan asuransi mobil sangat diperlukan. Bukan hanya mempersiapkan asuransi untuk kesehatan saja, perlindungan aset berupa mobil juga menjadi perhatian. 

Kebutahan ini penting dan perlu beberapa syarat untuk mengajukannya. Jika Anda sedang mengurus klaim banjir bagi kendaraan, tentu tulisan ini akan membantu Anda. 

Mengapa Asuransi Banjir Penting untuk Mobil?

Mobil menjadi salah satu aset yang memiliki nilai ekonomis. Dimana Anda selaku pemilik bisa mengantongi sejumlah uang, jika menjualnya. 

Hanya saja ini tidak berlaku saat kondisi mobil tidak baik, misalkan mesin yang rusak ataupun kehilangan mobil tersebut. Alhasil, keuntungan yang cukup besar bisa hilang begitu saja. Pun aset tersebut akan hilang nilai jualnya di pasaran.

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Banjir Mobil

Melihat situasi seperti itu, peranan asuransi banjir akan menolong perbaikan aset Anda, sehingga mampu bernilai kembali. Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan asuransi banjir bagi kendaraan bermotor. Selain itu cara klaim asuransi juga sangat penting, agar Anda tidak mengalami kesalahan saat menggunakannya. Berikut rincian penjelasannya!

Syarat-Syarat Pengajuan Asuransi Banjir untuk Mobil

Untuk mengidentifikasi syarat-syaratnya, berikut poin penting yang harus diperhatikan!

  1. Asuransi Mobil Mencangkup Perluasan Jaminan, isi polis asuransi kendaraan menjadi sangat penting, karena mencangkup kriteria penanggungan saat terjadi bencana alam, khususnya banjir. Jangan sampai asuransi mobil yang diperjualbelikan belum meng-cover kerusakan aset, akibat bencana alam. Akibatnya, bisa saja Anda tidak akan mendapat ganti rugi, karena polis yang ditetapkan tidak memperluas jangkauan tersebut.
  1. Menghubungi Pihak Asuransi, dapat dilakukan saat Anda sudah memastikan polis asuransi kendaraan Anda mencangkup kerugian tersebut. Apabila sudah terjadi banjir di wilayah Anda, segera klaim asuransi, dengan cara melaporkan kejadian kerusakan aset akibat banjir. Anda bisa langsung menghubungi pihak call center ataupun datang langsung di cabang terdekat.
  1. Besaran Pertanggungan Sesuai Nilai Pertanggungan, dimaksudkan untuk kendaraan yang berstatus masih dalam keadaan kredit, namun telah memiliki asuransi kendaraan. Jika demikian, Anda bisa bertanya apakah hal itu sudah mencangkup perluasan karena bencana alam.
  1. Dokumen Lengkap, untuk melakukan klaim asuransi beberapa dokumen perlu disiapkan. Jika masih tersedia dokumen aslinya, Anda bisa memfotocopy dokumen, agar proses pengajuan polis berjalan lancar.
Also Read:  4 Tips Memilih Asuransi untuk Anak Terbaik

Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

Untuk memahami syarat dan cara klaim asuransi banjir untuk mobil, berikut cara klaim asuransi tersebut.

  1. Memastikan Polis Dilengkapi Proteksi Banjir, ada dua jenis asuransi mobil, yakni Total Loss Only (TLO) dan All Risk (Komprehensif). Keduanya sama-sama memiliki proteksi banjir saat diajukan. Oleh karena itu, pastikan jika polis asuransi kendaraan Anda sudah mencangkup proteksi tersebut sebelum melakukan klaim kepada pihak asuransi.
  1. Menghubungi Pihak Asuransi, untuk pengajuan klaim ini maksimal waktunya adalah 72 jam atau lima hari setelah terjadinya banjir. Maka dari itu, jangan sampai Anda menunda-nunda untuk mengajukan klaim tersebut.
  1. Menyiapkan dan Melengkapi Dokumen, seperti yang diketahui sebelumnya bawah ada dokumen persyaratan untuk memenuhi data administrasi. Hal ini meliputi data standar seperti identitas diri pemegang polis, dokumen pengajuan, dan lainnya.
  1. Meminta Bantuan Evakuasi, bisa dilakukan dengan mengajukannya kepada pihak asuransi. Ini berguna, agar aset yang Anda miliki tidak mengalami kerusakan fatal pada mesin.
  1. Jangan Ada Tindakan ‘Kesengajaan’, ini dimaksudkan dengan tindakan investigasi oleh pihak asuransi, guna melihat kerusakan aset benar-benar karena bencana alam banjir.

Berikut menjadi penjelasan panjang seputar syarat dan cara klaim asuransi banjir mobil. Selain itu Anda sudah mengetahui pentingnya memiliki polis asuransi kendaraan yang mencangkup proteksi kerusakan akibat banjir. Semoga informasi ini bermanfaat, bagi Anda yang mengalami hal kurang mengenakan, sehingga harus mengajukan klaim asuransi kepada pihak terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published.