4 Tips Memilih Asuransi untuk Anak Terbaik

4 Tips Memilih Asuransi untuk Anak Terbaik

Posted on

Unsplash.com

Memilih asuransi untuk anak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, dengan mendaftarkan asuransi untuk anak dengan tepat, maka bisa membantu Anda untuk lebih siap membantunya meraih masa depan yang lebih baik. 

Asuransi untuk anak ini bisa membantu orang tua dalam mempersiapkan masa depan anak menjadi lebih baik, mulai dari biaya kesehatan hingga biaya pendidikannya. 

Dengan adanya asuransi anak ini, maka anak Anda pun bisa berkesempatan untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan ketika Anda sudah meninggal dunia.     

Tips Memilih Asuransi untuk Anak

Sebelum Anda memilih asuransi untuk anak, maka ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dan perhatikan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda tidak sampai salah dalam memilih produk asuransi. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba dalam memilih asuransi anak. 

  1. Pilih Asuransi yang Menyediakan Manfaat Kesehatan dan Jiwa

Tips memilih asuransi anak yang pertama adalah dengan cara memilih asuransi yang juga menyediakan manfaat kesehatan serta jiwa. Pasalnya, selain mempersiapkan biaya pendidikan, anak juga harus mendapatkan layanan kesehatan terbaik ketika anak jatuh sakit. 

Dengan begitu, maka Anda pun bisa memilih asuransi yang menyediakan perlindungan kesehatan dan jiwa. Biasanya, asuransi seperti ini tersedia dalam asuransi kesehatan keluarga. Selain itu, satu polis asuransi ini juga bisa melindungi seluruh anggota keluarga, baik itu suami, istri, maupun anak. 

  1. Pertimbangkan Biaya Pendidikan Asuransi

Pendidikan memang masih menjadi hal utama bagi para orang tua, sehingga sebaiknya orang tua bisa menjamin persiapan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, biaya pendidikan juga menjadi hal yang jumlahnya tidak bisa tetap setiap tahunnya. Hal ini jugalah yang menjadikan kekhawatiran para orang tua di masa mendatang. 

Also Read:  Asuransi Kecelakaan Diri: Manfaat, Cara Beli dan Cara Klaim

Pada umumnya, produk asuransi jiwa murni ini memiliki manfaat ganda yang berupa manfaat kematian dan nilai tunai. Tujuan dari asuransi jiwa murni ini adalah untuk dana pendidikan atau yang biasanya disebut dengan asuransi jiwa dwiguna. 

  1. Risiko Investasi Asuransi Anak

Tips memilih asuransi untuk anak selanjutnya adalah memahami risiko investasi yang ada dalam asuransi pendidikan anak. Sebab, berbeda hal dengan nilai tunai yang ada di asuransi dwiguna, jenis asuransi anak ini juga ada yang berupa unit link sekaligus investasi. 

Nah, nilai tunai yang ada di unit link ini berasal dari pengembangan investasi di pasar modal. Dengan begitu, maka jika Anda memilih produk asuransi sekaligus investasi, maka artinya Anda pun sudah siap untuk investasi yang memiliki risiko naik turun sesuai dengan pergerakan pasar. 

  1. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Di Indonesia sendiri, perusahaan asuransi ini sangatlah banyak. Untuk itu, pastikan bahwa Anda sudah memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik, berkualitas dan pastinya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jangan sampai Anda tertipu dengan berbagai macam penawaran yang tidak masuk akal dari perusahaan asuransi abal-abal. Sebab, perusahaan asuransi yang baik biasanya akan menjelaskan biaya secara transparan dan jelas. 

Bahkan, kini sudah banyak perusahaan asuransi yang memiliki website untuk melihat informasi dan detail produk asuransinya. Sebagai orang tua, Anda juga harus memikirkan segala resiko yang kemungkinan bisa mengganggu kondisi keuangan Anda. Melainkan Anda juga harus mempersiapkan masa depan anak dengan baik. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan pendidikan anak terganggu karena hal buruk yang terjadi. Untuk itu, Anda harus memilih asuransi untuk anak yang lengkap dengan asuransi jiwa serta kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.